Jakarta, CYBERNUSANTARA1.ID – Dewan Sengketa Indonesia (DSI) bekerjasama dengan AIDRA akan segera menyelenggarakan Pelatihan Mediasi Publik Internasional Batch-1 yang akan diselenggarakan secara offline pada bulan Februari 2025 di Jakarta.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Prof. Sabela Gayo S.H., M.H., Ph.D., CPL., CPCLE., CPM., CPrM., CP., ACIArb., melalui pesan singkat WhatsApp. Selasa 4 Februari 2025.
Untuk diketahui, pelatihan mediasi publik Internasional merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam menyelesaikan sengketa melalui mediasi.
Dalam keterangannya Prof. Sabela Gayo S.H., M.H., Ph.D., mengatakan bahwa sebanyak 15 (lima belas) materi telah dipersiapkan dalam Pelatihan Mediasi Publik Internasional Batch-1.
“Alhamdulillah Dewan Sengketa Indonesia bekerjasama dengan Asian International Dispute Resolution Association (AIDRA) akan menyelenggarakan Pelatihan Mediasi Publik Internasional Batch-1 yang akan diselenggarakan di Cityloog Hotel Tebet, Jakarta, pada tanggal 19 – 23 Februari 2025 mendatang,” ungkapnya.
“Dalam acara tersebut akan menghadirkan narasumber yang kompeten diantaranya Abe Quadan (Presiden AIDRA) dan Savath Meas (President Cambodian Centre for Mediation (CCM),” kata Prof. Sabela Gayo (Presiden SEADRN)) yang juga akan menjadi Narasumber.
“Bagi para peserta yang ingin bergabung bisa menghubungi Dewi 0812-1221-8059 dan Iven: 0822-5865-5298 atau melalui
Email: info.dsipusat@dewansengketa.id,” ucapnya mengakhiri.
Dari informasi yang diperoleh 15 (lima belas) materi yang dihadirkan diantaranya;
1. Pengantar Mediasi Internasional
2. Kerangka Peraturan Mediasi bagi lembaga publik
3. Keterampilan Negosiasi (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan, Konsumen)
4. Keterampilan Pembingkaian Ulang (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan, Konsumen)
5. Bagaimana Mengidentifikasi Psikologi Para Pihak dalam Mediasi
6. Analisis Konflik (Komersial, Migas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan Hidup, Konsumen)
7. Keterampilan Komunikasi (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan, Konsumen)
8. Fase Stagnasi (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan Hidup, Konsumen) (Apa yang harus dilakukan)
9. Kaukus (Komersial, Migas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan Hidup, Konsumen )(Pertemuan Terpisah)
10. Bagaimana menjadi Mediator Internasional di Australia
11. Studi Kasus (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan, Konsumen)
12. Simulasi (Komersial, Minyak & Gas, Pertambangan, Perbankan, Lingkungan Hidup, Konsumen)
13. Menyusun perjanjian mediasi
14. Menegakkan Perjanjian Mediasi
15. Pemeriksaan & Penilaian
Sumber : Dewan Sengketa Indonesia (DSI)