Medan Labuhan, Sumatera Utara – Terkait viralnya pemberitaan berjudul WAO… RUTAN KELAS I LABUHAN DELI TERAPKAN SEWA KAMAR HARGA TINGGI di Rumah Tahanan Rutan kelas l Labuhan Deli, yang mana bahwasannya Rutan Labuhan Deli ada melakukan pemungutan uang kamar sebesar 5 juta “itu tidak benar” hal itu dikatakan langsung oleh KA Rutan Nimrot Sihotang, AM.d., I.P., S.H., M.H., di halaman apel Rutan Labuhan Deli, Selasa 23 November 2021 sekira pukul 10:00 WIB.
Dikatakan KA Rutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang AMd.IP.SH.MH dalam Konfrensi Persnya selasa (23/11) menyampaikan, “Terimakasih sebelumnya, mohon maaf kepada masyarakat maupun pengunjung yang merasa atau mengalami pelayanan yang kurang baik di Rutan Labuhan Deli,” kata Nimrot.
“Namun pada saat ini saya jelaskan, pelayanan Labuhan Deli pada saat ini GRATIS tidak bayar. Apabila ada masyarakat atau pengunjung yang merasa di rugikan atau mengalami pelayanan yang kurang baik laporkan langsung atau hubungi langsung ke nomor saya yang tertempel langsung di pintu masuk,” tegasnya.
“Kemarin kami sudah melakukan klarifikasi kepada seorang Ibu yang ada di rekaman video tersebut atau yang ada di pemberitaan tersebut sudah memberikan pengakuan kepada kita bahwasannya itu tidak benar. Dan saya sebagai Kepala Rutan tidak membenarkan adanya pembayaran dan juga adanya diskriminasi di Rutan Labuhan Deli,” Jelas KA Rutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang.
“Karna itu, jauh sebelumnya saya sudah menyampaikan dalam surat terbuka yang saya tempel di pintu kamar Rutan Labuhan Deli bahwa jangan percaya kepada petugas maupun warga binaan yang ada di dalam,” katanya.
“Apabila ada yang mengatasnamakan pelayanan ataupun mengatasnamakan petugas untuk meminta uang kepada masyarakat demi keluarganya jangan di tanggapi,” pesan KA Rutan Nimrot Sihotang.
“Dan apabila ada di temukan atau terdapat tangkap tangan ada petugas yang melakukan kesalahan sudah pasti akan kita tindak tegas sesuai dengan peraturan pemerintah no 53 tentang Disiplin Pegawai Negri Sipil. Bahkan, kita juga kerja sama dengan penegak hukum agar jika ada pelaku pegawai yang berani melakukan tindakan tidak sesuai aturan ditangkap,” katanya.
“Saya juga perlu sampaikan kepada keluarga warga binaan, warga binaan ini sedang di bina bukan sedang jalan-jalan atau santai-santai. Untuk itu peran masyarakat dan peran keluarga sangatlah penting dalam mensukseskan pembinaan tersebut. Kalau ada keluarga yang memanjakan anggota keluarganya yang di dalam mereka akan sulit untuk berubah. Saya berharap kita sama-sama melakukan pembinaan ini, mereka disini sudah di kasih makan di kasih tidur dan mungkin makan mereka lebih bagus dari makanan di luar,” paparnya.
“Mari kita sama-sama untuk membina dan jangan memanjakannya, apabila ada tindakan kami yang tidak benar silahkan laporkan ke penegak Hukum ataupun kepada saya. Kita sudah ada APLIKASI LAPOR dan masyarakat harus berani membuat pemberitaan yang benar didalam media sosialnya masing-masing apabila masih ada petugas yang melayani tidak baik,” tutupnya KA Rutan Nimrot Sihotang.
( Novrizal )